Wednesday 21 August 2013

Para Pemenang dan Pecundang dari Film Musim Panas Tahun Ini

Musim panas telah berlalu yang berarti menjadi akhir dari mata ini dimanjakan film-film berbudjet raksasa dan prestisius. Dari sekian banyak film Hollywood yang beredar selama musim panas, tentu ada yang gagal dan berhasil di pasaran. Apa saja?
Man of Steel, Pasific Rim, World War Z, The Lone Ranger, The Wolverine, After Earth, dan White House Down adalah sederet film-film mega-budget yang beredar selama musim panas tahun ini yang pastinya sudah Anda tonton. Sayangnya, meskipun memakan budjet di atas US$ 100 juta (sekitar Rp 980 juta), film-film tersebut tidak semuanya mendapatkan sambutan positif, sekalipun dihadirkan beberapa nama aktor besar yang menyertainya.
Berikut ini kami hadirkan beberapa daftar film dan aktor yang sukses dan gagal di box office musim panas yang disadur dari riset Screen Engine yang berbasis di Amerika Serikat:
KATEGORI FILM
Pemenang: Film Horor
Musim panas ini tampaknya menjadi masa keemasan film-film horor yang notebene berbudjet kecil. Sebut saja The Purge yang dibintangi Ethan Hawke yang berhasil mengumpulkan pemasukan sebesar US$ 80 juta (sekitar Rp 780 miliar). Padahal film tersebut hanya diproduksi tidak lebih dari US$ 3 juta (sekitar Rp 29 miliar). 
Yang paling fenomenal, The Conjuring yang diproduksi dengan budjet US$ 19 juta (sekitar Rp 186 miliar) mendapatkan pemasukan global lebih dari US$ 140 juta (Rp 1,3 triliun). Keberhasilan dua film tersebut rupanya membuat Paramount Pictures bernapsu akan membuat dua film horor untuk musim panas tahun depan. Padahal, biasanya film-film horor jarang dipasang di musim panas. 
Pecundang: Film Action
White House Down, The Lone Ranger, dan R.I.P.D adalah contoh dari film-film yang gagal total. Padahal ada beberapa nama besar di dalam film tersebut, seperti Channing Tatum, Jamie Foxx, Johnny Depp, dan Ryan Reynold. 
Tidak hanya itu saja, bahkan film berbudjet raksasa seperti World War Z dan Pasific Rim dikabarkan tidak memiliki masa depan yang jelas, meskipun penerimaan box office keduanya tidak terlalu mengecewakan. Logikanya, dengan budjet mencapai US$ 200 juta (sekitar Rp 1,9 triliun) tentunya produksi sekuel film tersebut akan membengkak lebih mahal. Tak heran, pihak studio lebih memilih untuk tidak sesumbar menjanjikan sekuel untuk kedua film tersebut.
KATEGORI AKTOR
Pemenang: Brad Pitt
World War Z memang menjadi salah satu film terburuk musim panas ini. Tidak hanya memakan budjet besar, film ini juga menggunakan sutradara yang belum berpengalaman, dan tema zombi yang booming-nya sudah berakhir. 
Tapi, di balik itu, ternyata dari sisi box-office film ini tidak mengecewakan. Secara global pemasukannya mencapai lebih dari US$ 500 juta (sekitar Rp 4,9 triliun). Hal ini tidak lain karena ada Brad Pitt yang memiliki magnet besar terhadap kesuksesan film ini yang peranannya tidak hanya sebagai aktor tetapi juga produser. Nama pasangan Angelina Jolie ini bahkan membuat anak kecil sangat ingin menonton film tersebut. 
Pecundang: Ryan Reynolds
Tahun ini memang bukan milik Ryan Reynolds. Ya, tidak hanya pernah gagal memerankan Green Lantern, ternyata aktor ini telah gagal dalam dua film musim panasnya, R.I.P.D dan film animasi Turbo
Apesnya, kedua film tersebut diputar di akhir pekan yang sama dan gagal total dengan pemasukan yang kurang dari setengah dari budjet produksi. Dengan adanya kegagalan tersebut, tampaknya studio film Hollywood sudah mulai berhati-hati memberi Reynolds job film musim panas.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blog Under Construction

Chat

Total Pageviews

free counters

Followers

Our Facebook